Blue Fire Pointer

Selasa, 11 November 2014

Tugas Akhir Blok



Pengaruh Stres Belajar dalam Pembelajaran Mahasiswa

Latar Belakang
     Pada dasarnya, kebutuhan mahasiswa yang semakin kompleks dibandingkan dengan siswa menuntut individu untuk bisa menerapkan pembelajaran yang sesuai. Stress belajar akan muncul jika kondisi ini tidak terrealisasi. Stres memiliki berbagai macam faktor dan dampak yang merugikan. Hal ini sama sekali tidak menguntungkan bagi seseorang yang mengalaminya.
     Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara stres belajar terhadap pembelajaran mahasiswa. Seseorang yang mengalami stres pada dasarnya, dirinya mengalami tekanan yang akan  mempengaruhi pembelajaran. Penulisan ini untuk membuktikan hubungan pembelajaran mahasiswa yang benar sehingga stres belajar dapat diminimalisir.

Definisi Stres
     Stres dapat didefinisikan  sebagai respon individu terhadap stressor. Menurut Robbins (2001) stres dapat diartikan sebagai sebuah kondisi yang menekan suatu keadaan psikis seseorang dalam mencapai kesempatan. Seseorang untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat penghalang atau batasan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2008) stres merupakan gangguan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar, dan ketegangan. Maka dapat disimpulkan stress adalah bentuk ketegangan yang dialami dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Stres juga dapat diartikan sebagai gangguan atau kerusakan pada tubuh disebabkan oleh tuntutan yang diberikan kepada seseorang.

Definisi Pembelajaran
     Pembelajaran adalah sebuah perubahan perilaku seseorang yang relatif menetap dan muncul melalui pengalaman(King, 2014). Menurut Trianto (2010) mengatakan bahwa “Pembelajaran merupakan aspek kegiatan manusia yang kompleks, yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan” (h.17). Sedangkan menurut Corey (dikutip dalam Aisyah, 2007) mengatakan, pembelajaran merupakan suatu proses dimana lingkungan seseorang secara sengaja disusun untuk memungkinkan ia turut serta dalam menghasilkan respon terhadap situasi tertentu. Maka dapat disimpulkan pembelajaran adalah produk interaksi yang berkelanjutan antara pengembangan fisik ataupun mental dan pengalaman hidup seseorang.

Gejala Stres
     Menurut Luthans (dikutip dalam Rivai dan Mulyadi, 2007) mengatakan,  terdapat beberapa gejala stres, yaitu (a) jantung sering berdebar, (b) berkeringat dingin, (c) nyeri di perut bagian atas, (d) mudah lelah, dan (e) sakit kepala tanpa sebab. Gejala tersebut adalah gejala yang dialami pada umumnya. Menurut Tampubolon (2002) “Gejala-gejala stres kerja dapat berupa letih dan lelah, kecewa, perasaan tidak berdaya, gangguan tidur, kegelisahan, ketegangan, kecemasan, cepat marah, kehilangan rasa percaya diri, perasaan kesepian atau keterasingan, makan terlalu sedikit, mudah tersinggung, berdebar- debar dan sulit berkonsentrasi” (h. 5).
Faktor Penyebab Stres
     Extra organizational stressors. Perubahan sosial teknologi yang signifikan. Organization stressor juga terjadi karena perubahan keadaan dalam keluarga, keuangan dan keadaan ekonomi. Ras, dan lingkungan tempat tinggal adalah faktor utama penyebab stres.
     Organizational stressor. Perubahan kebijakan organisasi dan struktur organisasi yang sangat drastis adalah faktor utama penyebab organizational stressor. Keadaan fisik dalam organisasi yang berubah, termasuk salah satu dalam organizational stressor. Perubahan proses dalam sturktur organisasi termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi.
     Group stressors. Kurangnya kerja sama dalam kelompok, dan kurang dukungan sosial dari lingkungan sekitar. Faktor utamanya adalah terjadinya konflik intraindividu, interpersonal, dan intergroup. Konflik yang terjadi dalam kelompok sangat mempengaruhi stres.
     Individual stressors. Terdiri dari terjadinya konflik dan ketidakjelasan peran dalam diri. Individual stressors juga terdiri dari control personal dan daya tahan psikologis dari dalam diri. Apabila seseorang tidak bisa mengkrontol dan mengerti dirinya sendiri individual stressors akan terjadi.

Dampak stres
     Orang yang mengalami stres dapat mengalaminya hanya untuk sementara waktu saja atau dapat untuk waktu lama. Pada tahap yang terakhir stres psikologik akan memperlihatkan diri dalam bentuk sakit fisik dan sakit psikis. Seseorang yang mengalami stres cenderung terisolasi di kelangan lingkungan dan keluarga. Cenderung penderita stres mengalami insomnia.

Simpulan
     Stres adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Stres akan datang apabila diri kita merasa tertekan terhadap sesuatu. Gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar. Diri kita merasakan ketegangan. Pembelajaran yang tidak baik mempengaruhi stres pada mahasiswa karena mahasiswa merasa tertekan. Stres memiliki dampak yang tidak baik diantaranya seseorang yang mengalami stres cenderung dikucilkan oleh keluarga dan teman-temannya.
    Sebagian besar penderita stress mengalami insomnia. Pembelajaran sangat mempengaruhi stress pada mahasiswa karena mahasiswa merasa tertekan. Seseorang yang mengalami stres sebagian besar kesulitan dalam pembelajaran karena ia dikucilkan oleh teman-temannya dan keluarganya.


Daftar Pustaka
Aisyah, N. (2007). Pengembangan pembelajaran matematika sd. Jakarta: Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia (edisi ke-4). Jakarta: Balai Pustaka.
Hidayati, F., Hyoscyamina, D. E., & Pariman. (2012). Penanganan stress terintegrasi: Konsep biopsikososial dan spiritual untuk menangani stress pada remaja. Jurnal Psikologi, 9(2), 103-110.
Isnawati, S., & Suseno, M. N.(2013). Hubungan antara manajemen waktu dan efikasi diri dengan stres kerja. Jurnal Psikologi, 1(2), 161-173.
King, L. A. (2014). The science of psychology (3rd ed.). New York, NY: McGraw Hill.
Rivai, V., & Mulyadi, D.(2010). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (3rd ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sagala,& Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Tampubolon, B. (2002). Kesehatan kerja media komunikasi kesehatan kerja. Yogyakarta: Mitra Candika.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

animasi bergerak gif
My Widget