Blue Fire Pointer

Sabtu, 20 September 2014

Subyektivisme dan Objektivisme (19 September 2014)

Pertemuan ke empat dalam mata kuliah filsafat membahas tentang Subyektivisme dan Objektivisme. Dalam blog ini saya akan membagian pembelajaran dan informasi yang saya dapat dalam pertemuan ke empat ini.

Subyektivisme

Pengertian Subyektivisme :
Pengetahuan di pahami sebagai keyakinan yang dianut oleh individu. (Pandangan yang diyakini oleh pribadi).

Tokoh dalam subyektivisme :
1. Aristoteles,Plato,Rene Descartes.
2. Kaum Solispsisme (Solo ipse).
3. Kaum Realisme Epistemologi.
4. Kaum Idealisme Epistemolgi.

Ciri-ciri pendekatan :
1.Menggagas pengetahuan sebagai suatu keadaan mental yang khusus. Contoh : Sejarah.
2.Pengalaman subyektif sangat kokoh terjamin sebagai titik tolok pengetahuan dari data inderawi.
3.Prinsip subyektif dari alasannya cukup.

Penjelasan dari beberapa tokoh :
1. Rene Descartes 
- "Cogito Ergo Sum Cogitans" : saya berpikir maka saya adalah pengada yang berpikir.
- Pengadaan berpikir "berpikir"(subyektif) : tidak bermaksud pada eksplisit, karena saya sadar.
 
2. Realisme Epistemologi
- Menghubungkan saya dengan "apa yang lain" dalam diri saya.
3. Idealisme Epistemologi
- Berakhir pada ide sesuai dengan idenya dia.
- Setiap kegiatan berakhir di dalam suatu ide, merupakan suatu peristiwa subyektif murni.
 
4.Filsuf sesudah Rene Descartes
-"diri kita sendiri dan kegiatan kita".

Rene Descartes sangat menolak skeptisme, Skeptisme adalah kita tidak pernah tahu tentang apapun dan mustahil manusia mencapai pengetahuan tentang sesutu. Maka dari itu Rene Descartes mengarah ke subjektivisme karena Rene Descartes seorang rasionalisme.
Rasio adalah satu-satunya sumber dan jaminan kebenaran pengetahuan. Rene Descartes:  bahwa Tuhan dapat memunculkan data-data indera dalam kesadaran kita tanpa harus ada "dunia luar" yang mendasarinya.

Objektivisme

Pengertian Objektivisme :
- Menekankan bahwa butir-butir pengetahuan manusia.
- Beranggapan pada tolak ukur suatu gagasan berada pada objeknya.
- Padangan yang menganggap segala sesuatu tidak tergantung pada orang yang memahaminya.
3 Pandangan dasar objektivisme :
- Kebenaran itu independen berlepas dari pandangan subjektiv.
- Kebenaran itu datang dari bukti faktual.
- Kebenenaran hanya bisa didasari dari pengalaman inderawi.
 Sifat :
-Objek itu bersifat umum karena dipersepsikan oleh pengamat yang jumlahnya tidak terbatas.
-Objek itu bersifat permanen.
Syarat yang harus dipenuhi untuk mempercayai kebenaran :
-Objek harus sesuai dengan indera kita. kecuali warna-warna infra merah.
-Organ indera harus sehat dan normal. contoh : tidak buta atau tuli.
-Karena objeknya ditangkat jadi harus ada media terlebih dahulu. (Medium).
Objek dibagi menjadi 2 :
-Objek Umum.
-Objek Khusus.

Sekian penjelasan dari subjektivisme dan objektivisme. Semoga penulisan blog ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya dan mempelajarinya. Tunggu terus posting-posting yang lainnya ya dan jangan lupa memberi komentar setelah membacanya. ThankYou and GBU.
 
Sumber : power point pertemuan ke-4 dan google(gambar)

22 komentar :

  1. hahahaha ada gambarnyaa paling bawah paling lucu ehehehe aku kaaih 88 buat anas :D

    BalasHapus
  2. Ih lucu banget, banyak gambarnya. Materinya juga lengkap. Aku kasih nilai 84 :)

    BalasHapus
  3. blognya bagussss ada gambarnya jadi gabosen hehe aku kasih nilai 88 yaa ;)

    BalasHapus
  4. Mantap bro bagus bener �� lumayan kalo ada tugas bisa copas dari sini �� 90 buat ndut ��

    BalasHapus
  5. kerennnnnn udah ada lagunyaaaa,gambar nya juga lengkap asik asik 88 buatt kamu:D

    BalasHapus
  6. Bagus nas blog nya, mudah dibaca dan menarik.. 88 dari gw :D

    BalasHapus
  7. Anas blog nya lengkap yaa . Bagus dan menarik . 85 buat kamuu . Mampir jg ke blog aku yaaa

    BalasHapus
  8. singkat, padat tapi berisi blognya. 83 deh buat anas.

    BalasHapus
  9. Blog nya lengkap
    85 ya

    BalasHapus

animasi bergerak gif
My Widget